www.AlvinAdam.com

WARTA 24 SUMATERA SELATAN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Heboh Ditemukan Tambang Emas, Ternyata Hanya Pasir

Posted by On 16.01

Heboh Ditemukan Tambang Emas, Ternyata Hanya Pasir

LAHAT, Penasumatera.co.id â€" Beberapa hari terakhir warga Kecamatan Kikim Timur dan Selatan, Kabupaten Lahat, dibuat penasaran dengan temuan adanya galian yang diduga tambah emas. Apalagi galian yang berada di Desa Petikal Baru, Kecamatan Kikim Timur dan Desa Nanjungan, Kecamatan Kikim Selatan, ditemukan alat penambang.

Mendapat informasi itu, tim gabungan dari Satreskrim Polres Lahat, Dinas Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPPTSP) Kabupaten Lahat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat, turun ke lokasi, Senin (28/11/). “Kalo sampel yang kami ambil, merupakan mineral saja. Ya pasir,” kata AKP Ginanjar Sik Kasatreskrim Polres Lahat.

Meski sempat tersiar kabar tambang emas, belum satu pun masyarakat yang melihat langsung emas yang diperoleh. Hanya saja alat penambangan, berupa petakan kayu dan mesin diesel, ditemukan di dua titik itu. Meski dua alat itu seb enarnya bisa digunakan untuk penambangan pasir

Saat tim gabungan di lokasi, tidak ada aktifitas sama sekali di lokasi itu. Bahkan, masyarakat sekitar mengaku tidak dengan jelas adanya aktifitas yang jauh dari pemukiman itu. ” Sementara pemilik lahan sudah kami interogasi, dan memang tidak ada ijin, juga mengaku belum menemukan emas yang dicari. Alat sudah saya police line,” ujar Ginanjar.

Belum jelas sumber yang menyebarkan informasi ada emas itu. Kabar ada penemuan emas oleh warga Kikim itu cepat menyebar. Aktifitas penambangan di Desa Nanjungan sudah berlangsung sekitar tiga pekan, meski belum satupun warga menemukan emas. Bahkan, warga sudah beralih ke titik lain, lantaran tidak menemukan emas yang dicari.

Kades Nanjungan, Kikim Selatan, Iswandi mengakui, belum satupun masyarakat mendapatkan emas seperti informasi yang beredar. Aktivitas penambangan hanya untuk mencari sampel emas. “Memang ada yang melapor kepada saya, tapi belum ada emasnya, cuma mau cari sampel saja,” kata Iswandi, yang menyatakan menyambut baik bila memang benar ada kandungan emas di wilayah desanya, dan diharapkan dapat memberikan kesejahteran bagi warga desanya.

Kepala DLH Lahat, Ir Misri MT mengakui ada anak buahnya turun ke lokasi itu. Namun hanya untuk memeriksa keadaan lingkungan yang dikabarkan sudah digali itu. “Kita kan cuma pantau lingkungan hidupnya saja. Untuk urusan pertambangannya itu kewenangan Dinas Pertambangan Provinsi,” bebernya.

Terpisah, Kepala DPPTSP Lahat, H Ali Afandi membenarkan, memang diareal tersebut banyak peralatan penambangan emas, hanya saja, tidak ada aktifitas bahkan emas disana,“Contoh dari tanahnya sudah kita ambil, untuk dibawa ke laboratorium, sejauh ini, hanya tambang pasir bukan emas, begitupula dengan izin tidak ada diterbitkan,” tegasnya.(Dod)

Sumber: Google News | Warta 24 Lahat

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »