WARTA 24 SUMATERA SELATAN

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Menangkal dan Menanggulangi Bahaya Kebakaran Hutan dan ...

Posted by On 16.01

Menangkal dan Menanggulangi Bahaya Kebakaran Hutan dan ...

BANYUASIN, Penasumatera.co.id â€" Latihan penanggulangan bencana alam personel Korem 044/Gapo telah memasuki puncak latihan yang diselenggarakan di Desa Tanjung Lago Kec. Tanjung Lago Kab. Banyuasin dengan materi menangkal dan menanggulangi bahaya kebakaran hutan dan lahan yang dipimpin langsung oleh Kasiops Korem 044/Gapo Mayor Inf Andik Siswanto, S.IP. selaku koordinator latihan, Kamis (30/11/2017).

Pada puncak acara latihan penanggulangan bencana alam Korem 044/Gapo TA 2017 kali ini melaksanakan aplikasi materi pemadaman kebakaran hutan dan lahan bekerjasama dengan BPBD Prov. Sumsel dan Maggala Agni dengan pengerahan personel dan materiil yang digunakan dalam penanggulangan bencana. Latihan diawali dari komplek kantor BPBD Prov. Sumsel dengan simulasi menerima PO (perintah operasi), dilanjutkan pengerahan unsur-unsur yang tergabung dalam organisasi penanggulangan bencana alam dan Serpas (pergeseran pasukan) menuju lokasi kejadian di Desa Tanjung Lago yang diskenariokan tempat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dilanjutkan kegiatan pemadaman kebakaran, evakuasi korban, penanganan pengungsi dan pendistribusian bantuan.

Dengan melakukan latihan ini, diharapkan para peserta latihan mampu bertindak serta dapat melaksanakan prosedur bantuan penanggulangan bencana dengan cepat dan tepat. Latihan ini juga dilakukan untuk mewujudkan interoperability (kemampuan saling bekerja sama) antar satuan TNI wilayah Korem 044/Gapo, baik itu sinergitas antara Korps TNI wilayah Korem 044/Gapo, sinergitas dengan Pemerintah Daerah dan juga dengan komponen masyarakat lainnya, dalam sistem komando pengendalian penanggulangan bencana yang terpadu.

Usai melakukan latihan dilanjutkan kegiatan kaji ulang dan evaluasi oleh Kasiops Kore m 044/Gapo Mayor Inf Andik Siswanto, S.IP., selaku penyelenggara menanggapi bahwa latihan ini sangat bermanfaat, khususnya bagi Korem 044/Gapo beserta unsur jajarannya dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemerintah Daerah khususnya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Lebih lanjut Kasiops menjelaskan, bahwa secara umum latihan dapat berjalan sesuai rencana, namun untuk perbaikan dimasa mendatang, tentunya harus ada beberapa hal yang perlu dibenahi, guna kelancaran dan pencapaian sasaran latihan. “Kedepan diharapkan koordinasi antara unsur pelaku semakin dapat diintensifkan lagi, sehingga para pelaku lebih memahami dan mengerti apa yang akan dilakukan,” pungkas Kasiops.

Sumber: Google News | Warta 24 Banyuasin

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »